Dulu. Tak sampai dulu sekali. Hanya dulu. Aku selalu melewatkan bagian daftar isi, kata pengantar atau pendahuluan dari sebuah buku ketika membacanya. Tapi entah mulai kapan, aku selalu membaca dari cover, tahun terbit, siapa penulisnya, dimana diterbitkannya, kata pengantar, daftar isi, atau pendahuluannya. Itu membantuku memahami keseluruhan isi buku meskipun belum membaca isinya. Bahkan terkadang dari pendahuluan buku saja sudah banyak hal yang sangat sarat akan pengetahuan. Tak jarang aku membaca pendahuluannya lalu meletakkan buku tersebut, berlanjut pada proses memikirkan maksud dari isi buku itu. 


Di kemudian hari aku membaca sebuah tulisan. Aku lupa dimana membacanya. Aku hanya sekilas ingat. Tulisan itu dalam bentuk artikel. Bahwa membaca buku itu akan lebih baik jika memperhatikan gambaran besar. Dengan melakukan itu, maka kita akan lebih mudah memahami isi bukunya. Dalam daftar isi dan kata pengantar buku adalah gambaran besar dari buku, bukan? Bahkan terkadang dalam biografi penulis di akhir buku juga terdapat gambaran umum isi buku tersebut? 







Hal ini juga berlaku ketika kita belajar. Dalam institusi pendidikan akan membuat kurikulum sebagai pedoman dalam mendidik siswa/mahasiswanya. Pembuatan kurikulum ini sudah melewati berbagai pertimbangan, analisis mengenai berbagai hal. Salah satunya adalah mengenai mata pelajaran/mata kuliah mana yang akan diberikan lebih dulu. Sebagai dasar untuk mempelajarinya mata pelajaran/mata kuliah selanjutnya. Kurikulum itu adalah "daftar isi" dari keseluruhan proses perkuliahan/pembelajaran mengenai ilmu yang kita pelajari.
 
Ketika saya kuliah di awal semester, saya merasa ini adalah ilmu yang baru. saya mempelajarinya dengan antusias. Kemudian ketika semester sudah bertambah, dan gelar kakak tingkat sudah didapatkan, bahkan adik tingkat sudah dua tingkatan. Saat itulah saya menyadari jika ilmu yang sedang saya pelajari ini berada dalam sebuah gambaran penuh, dengan dasar yang sama. Hal ini membantu saya lebih memahami lagi mengenai ilmu yang saya pelajari ini.

Ini bisa dijadikan salah satu trik untuk memahami ilmu yang kita pelajari.

Memahami sesuatu itu dengan melihat gambaran besarnya. Itu akan membantu kita tidak mudah ‘bingung’ ketika menemui informasi yang berlawanan. 



sumber gambar : https://pbs.twimg.com/media/DBpi76NXUAErj_Z.jpg