Bagaimana cara terbaik memahami Tuhan?


Seseorang memberikan jawaban padaku atas pertanyaan ini. Menurutnya, Tuhan tak perlu dipahami. Tuhan itu sudah Maha Besar tanpa manusia. Apapun kebaikan yang kita lakukan sejatinya untuk diri kita sendiri. Tidak menambah atau mengurangi ke-Maha Kuasa-anNya.


Aku juga teringat kalimat dari sebuah buku yang pernah ku baca. Kita terlalu kotor untuk memahami Tuhan. Kotor pikiran, perasaan dan semua yang menempel dalam diri kita. Tuhan dengan segala sifatnya sangatlah Maha Suci untuk dipahami oleh manusia seperti kita. 


Kita akan kesulitan memahami Tuhan jika hanya mengandalkan diri kita. Pun, karena Tuhan tak perlu dipahami. Tuhan yang memahami kita. Karena kita adalah ciptaan-Nya. Kita adalah bagian dari ciptaan-Nya. 



Bagaimana cara terbaik memahami maksud Tuhan?


Masih dari orang yang sama memberikan jawaban padaku. Menurutnya, cara terbaik itu adalah mengilmui agama yang kita anut. Jawaban ini membawaku pada pemahaman mengapa kemurnian dan kebenaran agama itu sangat diperlukan. Karena agama adalah perantara kita untuk memahami maksud Tuhan. 


Ajakan ini untukmu dan untukku belajar ilmu agama agar tak lagi ada kesalahan memahami maksud Tuhan. 


sumber gambar : https://www.ucg.org/files/styles/full_grid9/public/image/article/2016/08/11/is-life-worth-living.jpg