Nonton adalah jawaban yang biasanya ditulis kalau diminta untuk mengisi hobi di sebuah formulir atau hal sejenisya. Atau bisa juga ditulis mendengarkan musik. 
 
Waktu masih SD, yang di tonton yang sebatas sinetron indosiar judulnya putri duyung, pemerannya ayu azhari. Selera musiknya masih dangdut is the music if my country. 
 
Masa SMP, sinetronnya melati untuk marvel. Tergila-gilanya sama chelsea olivia, bukan ke rezky aditya.

Masa SMA, mulai tuh kenal sama film harry potter, sampai ikutan nungguin bajakan filmnya. Maklum, waktu itu dunia masih jauh dari peradaban nonton yang legal.
Mulai juga mengenal musik K-POP, dari SNSD, 2NE1, SUPER JUNIOR, BIGBANG. 
 
Masuk kuliah, makin menjadi dalam perjalanan pelarian dari kenyataannya. Makin banyak film yang ditonton, MV, berita personal, hampir semuanya diikuti.

Sampailah momen yang membuatku sadar, kalau dunia per-korea-an ini benar-benar jalan ninja dalam melewati luka dan tekanan yang didapat di hidup yang fana ini.

Setiap hari aku lewati dengan nonton MV, dengerin musiknya, nonton variety shownya. Tiada hari tanpa dunia KPOP. 
 
Waktu awal mula aku suka dunia KPOP, yang paling banyak ditonton itu adalah SNSD. Lalu merambah ke twice, apink dan banyak lagi. Hingga akhirnya suka juga sama girls day. 
 
Park sojin. Wah, waktu itu aku sampai ributin temenku buat kasih ide biar DM instagram di notice itu gimana caranya. Iya, sempat sampai segitunya. 
 
Kemudian aku lagi buka-buka file SNSD. Ketika itu, aku merasa, wah... iya ya. Mereka nih yang tiap harinya aku tonton dan aku bisa melewati hari dengan sedikit kewarasan. 
 
Lain cerita lagi, aku menonton banyak film india. Sampai hafal nama artisnya. Katrina kaif, aliaa bhat, shah rukh khan, siddhart malhotra dan banyak lagi. 
 
Sampai akhirnya aku suka juga sama sonam kapoor. Suka sama Sonam Kapoor ini, levelnya sampai waktu aku dengar kabar nikahnya, itu pertama kalinya aku merasa ikut patah hati karena artis idola. 
 
Hari berlalu nih ceritanya, udah move on dari patah hati berita nikah Sonam Kapoor. Aku mampir di akun instagram katrina kaif. Nah, pas lihat foto-foto di akun instagram katrina kaif, lihat aliaa bhatt, saat itu aku merasa, ini nih rasanya nyaman, pulang.

Kedengarannya lucu, tapi itu beneran adanya. Mungkin akan banyak juga yang bisa relate dengan apa yang aku rasain ini. Tapi, juga pasti banyak juga yang merasa apa yang aku rasain ini mengada-ada.

Tapi, ya.... di ujung hari, kita sekarang hidup atas nama pilihan. Memilih mendengarkan omongan orang atau mengabaikan. Memilih hidup berfokus pada apa yang baik untuk diri sendiri atau berfokus pada yang negatif.

Semoga cerita randomku soal perjalanan pelarianku yang akhirnya bisa memahami makna dan rasa dari kata "pulang" ini bisa berefek positif buat kamu yang baca.
 
Photo by Wes Hicks on Unsplash
Buat kamu. Iya, kamu. Kamu nggak sendiri. Ada banyak cerita, lagu, juga senja yang bisa menemani kamu melewati hari demi hari.

Iya, kita jalan pelan-pelan saja. Hari demi hari. Percaya, deh. Senja itu sudah pasti datangnya. Nggak perlu dikejar, nggak perlu ditunggu. Senja pasti datang.