31 Desember 2107. Adalah hari terakhir di tahun 2017. Hampir semua orang menyebutnya dengan tahun baru. 2018 adalah tahun baru. Entah mengapa aku merasa tidak menyetujuinya. Setelah membaca tulisan seseorang yang tak ku kenal tapi berhasil membuatku melihat hal ini dengan cara pandang yang baru. 


Jika ada istilah tahun baru maka secara tidak langsung kita juga sepakat bahwa ada tahun lama. Jika 2018 adalah tahun baru maka 2017 adalah tahun lama? Begitukan?

Dan penyebutan baru dan lama itu disandangkan pada objek yang akan saling menggantikan. Yang lama akan dilupakan. Dilepaskan. Dihilangkan. Yang baru akan diambil. Digunakan.

Karena ini pula aku tak menyukai penyebutan tahun baru itu. Apalagi adanya perayaan untuk menyambutnya. Seolah tahun baru tak akan datang jika tak ada kembang api yang mewarnai langit malam. Seolah tahun baru itu tidak akan datang jika kemeriahan itu tidak ada.

Ada yang menyanggah jika kembang api dan acara lainnya adalah usaha simbolis untuk menunjukkan semangat baru di tahun baru. Oh...ayolah. Bukankah ini sama saja kau mengakui jika di hari-hari tahun lama kau tak memiliki semangat?

Tentu tidak seperti itu. Katamu. Lalu alasan apa kemeriahan ini ada? Jika sebelumnya sudah ada semangat. Maka bawa saja lagi semangat itu. Melanjutkan siklus yang sama. Putaran jarum jam yang sama. 


Atau kau juga mau menjadikan semangat seperti halnya tahun baru itu? Ada semangat lama dan semangat baru?

Tak bisakan ini dilihat sama? Bukankah semangat adalah tentang menjalani hari. Mencapai mimpi. Jadi, sudahlah.

Sudah terlalu banyak kata-kata yang ada dalam kamus itu. Kau mau menambahkannya?

Kita sepakati saja. Hanya satu kata. Semangat.

Oh..ya. Untuk penyebutan tahun tadi. Aku masih tak menyukainya. Jika kau menyukainya. Maka sebutlah ia dengan sebutan itu. Tapi maaf. Tidak denganku. 


sumber gambar : 
https://previews.123rf.com/images/krisdog/krisdog1606/krisdog160600146/59102424-a-clock-character-running-concept-for-time-pressure-or-running-out-of-time-or-running-against-the-cl.jpg
https://groupees.com/uploads/bundles/1000/fb_image/New_Year.jpg