Berpikir adalah aktivitas yang selalu dilakukan oleh setiap manusia. Disadari atau tidak. Ketika sedang menghabiskan suapan terakhir dari makanan kita terlintas mengenai apa yang harus dilakukan setelah menyelesaikan makan ini. Ketika bangun tidur di pagi hari, kita berpikir apa yang sudah direncanakan untuk menjalani hari ini.

Dalam proses berpikir itu juga, terdapat beberapa orang yang menggunakannya untuk mengenal dirinya, memahami dunianya, memahami fenomena yang ada.

Begitupun aku. Berpikir seperti menjadi bagian dari diriku. Aku berusaha memahami apa yang ada di dunia ini, memahami siapa aku, memahami setiap kata yang ada, memahami kalimat dari lawan bicara, dan banyak hal lainnya.

Semakin aku berusaha memahami, semakin aku tidak bisa memahaminya. Aku berakhir pada kesimpulan "di dunia ini banyak yang tidak ku mengerti".

Diantara yang banyak tidak kumengerti itu adalah kata "teman". Setelah membanggakan diri tentang 24 tahun yang sudah kulalui, aku harus mengakui aku tak pernah mengerti tentang kata itu. Sedikitpun.

Tentang loyalitas. Hubungan. Pengorbanan. Cinta. Jangan pernah kau tanyakan itu padaku. Kau tak akan mendapatkan jawabannya. Aku tak dapat memberikan penjelasan tentang itu.

Bahkan diriku. Aku tak tahu siapa diriku. 


 sumber gambar : https://i.pinimg.com/originals/26/f8/e1/26f8e1cec585970e636b3c72051ab02a.jpg