Hari kemarin, aku mengakses yutub lalu aku mendapati diriku melihat beberapa video mengenai taqy-alma. Serius dan jujur, ketika mendengar pertama kali berita mengenai pasangan itu, aku bertanya-tanya “ini apa?”. Ketika berita itu pertama kali muncul, aku sudah uninstal instagram, yang mana biasanya aku mengetahui kabar berita dari sana. Hingga hari kemarin aku entah mengapa, akhirnya melihat video yutub tentang mereka.

Entah mengapa juga, aku “baper” ketika melihat video itu. Berlanjut ke instagram. Dari akun personal mereka sampe akun yang dibuat fans dengan menggunakan nama mereka. Lalu aku hanya bisa mengingatkan diri sendiri. Ini adalah tentang taqy-alma. Mereka yang menjalani. Mereka yang berpisah. Mereka juga yang berkonflik. Bahkan juga hanya mereka berdua yang tahu alasan mereka sekarang berada di fase ini. Karena seberapa dekatpun kita dengan orang tua, tetap ada yang sulit untuk kita ceritakan. Bukan karena tak dekat atau tak terbiasa bercerita, tapi karena bahkan kita sendiri belum memahami sebenarnya apa yang kita rasakan, apa yang terjadi.

Dari semua video itu juga, aku belajar. Mereka memulai semuanya dengan terus menjadikan Allah sebagai pemberi petunjuk, sebagai pengatur hidup mereka. Hingga situasinya juga seperti ini pun, mereka tetap menjadikan Allah sebagai tempat meminta penjelasan atas apa yang terjadi. Jadi, apa lagi yang perlu untuk digunjingkan. Mencari-cari pihak mana yang salah? Ayolah, itu bukan tugas kita. Dengan melihat cara mereka menjadikan Allah sebagai pengatur awal dan akhir untuk mereka sudah menjadi penjelasan terbaik juga untuk kita, bukan?

Jika ada yang mengatakan tentang “jangan bersembunyi dibalik nama Allah untuk membenarkan semua perilakumu”. Maka tenangkan saja hatimu. Yakinlah. Kita memang tak punya apa-apa. Tak bisa apa-apa. Standar benar dan salah menurut Allah adalah yang paling tepat. Lagipun, kepada siapa lagi kita berlindung selain kepada Allah. Kepada siapa lagi kita bisa bersembunyi selain dibalik nama Allah. Maksudku adalah jika kita sudah berlindung kepada Allah, jika kita benar maka Allah akan menolong, jika kita salah, mohon ampun, dan akan diampuni juga oleh Allah.

Dimana lagi kita bisa bersembunyi jika Allah menghendaki kita terlihat? Hanya dengan perlindungan Allah, semuanya akan menjadi baik-baik saja. 



Sumber Gambar : https://i.ytimg.com/vi/WU7werosCAc/maxresdefault.jpg