Ada banyak peristiwa di waktu shubuh. Dimulai dari ayam yang membangunkan tuannya, beberapa pemilik toko yang mulai menyapu halaman depan tokonya, warung makan juga sudah menyebarkan aroma oseng kangkung. Juga ada beberapa orang yang keluar merasakan udara sebelum matahari membagikan panasnya.

 Photo by Gabriele Motter on Unsplash

  Bagi umat islam, juga ada ibadah yang wajib dikerjakan di waktu ini. Sholat shubuh. Selain pahala dan rincian balasan bagi orang yang melaksanakan ibadah, ada manfaat lain bagi tubuh jika kita merasakan waktu shubuh ini. Manfaat itu diantaranya adalah :


  1. Pada saat fajar, konsentrasi ozon sangatlah tinggi dan terus berkurang hingga terbitnya matahari. Ozon ini sangat bermanfaat bagi kesehatan saraf-saraf tubuh. Tubuh tidak bisa menyerap gas ozon ini, kecuali pada saat bangun dan bergerak
  2. Waktu shubuh adalah waktu peralihan antara malam ke siang. Di sinilah putaran energi alam semesta begitu besar. Jiwa yang damai pada waktu ini dengan melakukan shalat, menyelaraskan diri dengan energi alam, akan menyerap energi luar biasa besarnya dari alam semesta.
  3. Pada waktu shubuh, alam berada dalam spektrum warna biru muda yang bersamaan dengan frekuensi tiroid yang memengaruhi sistem metabolisme tubuh. Warna biru muda yang ada di waktu shubuh ini mempunyai rahasia yang berkaitan dengan rezeki dan komunikasi. 


Itulah beberapa manfaat bagi tubuh yang dapat kita dapatkan hanya di waktu shubuh. Jadi, bagi pejuang shubuh. Tidak hanya mertua sholeh/sholehan yang akan didapat, tapi tubuh juga akan jadi sehat. 

Sumber : Masykur, M.S. 2012. Menajamkan Otak dengan Shalat. Yogyakarta : Citra Risalah