2024, Tahun Baru dan Cara Baru Membawa Diri Sendiri

Kemarin malam, suara kembang api masih terdengar. Malam itu, tanggal sudah berubah menjadi 2 Januari. 
 
Mungkin beberapa orang masih ingin merayakan tahun baru. Mungkin beberapa orang masih punya persediaan kembang api untuk mengulang euforia malam pergantian tahun. 
 
Aku, yang pada dasarnya hobi sinis dengan perilaku orang. Bahkan, aku bisa dengan lantangnya mengatakan, "Aku benci orang. Aku tidak suka orang." Mendengar suara kembang api di malam pergantian tahun ini, bahkan di malam kedua tahun baru juga masih terdengar. Rasanya ingin mengumpat pada siapapun itu pelakunya. 
 
Tapi, sepertinya ada perbedaan tingkat sinis yang kurasakan di tahun ini. Aku merasa sedikit lebih bisa melihat perilaku orang-orang yang merayakan tahun baru ini dengan tersenyum mengerti. Mungkin beberapa orang memang suka melakukan berbagai macam dan cara perayaan. Hanya karena mereka berbeda denganku yang tidak suka perayaan ini, bukan berarti apa yang mereka lakukan tidak bermakna. 
 
Semua hal memiliki makna yang juga tidak semua orang bisa melihatnya dengan cara yang sama. 
 
Aku berencana membuat tulisan dan konten di tanggal 1 Januari lalu. Semacam memanfaatkan momentum euforia dan kemeriahan orang-orang dalam memulai tahun baru. 
 
Tapi, seperti halnya rencana-rencana lain yang masih berhenti hanya dalam bentuk ide pikiran. Tentu saja, ide membuat tulisan dan konten itu hanya berwujud dalam pikiranku.
 
Kemudian, hari ini aku seperti ditampar kenyataan. Hari-hari terus terlewati dengan atau tanpa pencapaian. 
 
2024, akan sama seperti tahun-tahun yang terlewat. Pilihan untuk melewatinya dengan atau tanpa pencapaian itu ada pada diri sendiri. 
 
Aku, yang terbiasa membawa diri dengan negatif ini menemukan hari ini sungguh menyedihkan. Aku lelah mengkhawatirkan hal-hal yang tidak mampu aku kendalikan.
 
2024, Tahun baru. Aku pun belajar membawa diri dengan cara baru. Misalnya, perubahan kecil dalam cara memandang diri sendiri sedikit lebih positif. 
 
Tidak lagi mengatakan pada diri sendiri, "Aku tidak tahu apa yang harus ku lakukan."
 
 
 Photo by Josh Boot on Unsplash
 
Tetapi, memilih mengatakan, "Aku tahu apa yang harus ku lakukan. Mari memulainya hari ini."
 
Tentu saja ini akan jadi perjalanan yang sulit. Tetapi, tahun 2024 ini masih tersisa 363 hari. Mari lewati hari-hari selanjutnya dengan warna-warna baru. 
 
Selamat pagi, untukmu
Yang sedang berjuang untuk diri sendiri

Posting Komentar

0 Komentar