Mengingat hari ini adalah jumat itu terkadang memberikan sensasi tersendiri bagi saya. Karena saya terin
gat konten yang akan saya tulis di hari ini. Tema yang saya pilih ini membutuhkan proses berpikir yang panjang dan tidak asal publish. Jadi, ya begitulah. Mungkin ada yang bisa memahami yang saya rasakah?

Photo by Luis Flores on Unsplash


when god pushes you to the edge of difficulty. Trust Him fully. Because two things can happen either He’ll catch you when you fall, or He will teach you how to fly.


Saya membaca kalimat itu dari post sebuah akun instagram. Trust Him fully. Ust. Yusuf Mansur sering mengajarkan kita tentang ini. Beliau adalah salah satu ustadz yang fokus materi dakwahnya adalah tauhid. Keyakinan kepada Allah. Perjalanan pemahaman saya mengenai tauhid yang masih ‘cetek’ ini juga sedikit banyak dari tausiyah, buku dan beberapa artikel beliau. 


Bencana alam di Lombok tahun ini mengajarkan saya tentang hal ini. Saya tidak melihat langsung keaadan di Lombok. Hanya mendapatkan informasi dari media sosial. Ada juga foto yang diunggah oleh faatih sefereagic dengan caption yang menjelaskan bahwa masjid menjadi salah satu tempat yang segera dibangun untuk memfasilitasi ibadah warga. Tentunya dengan kondisi yang sederhana. Cerita dari teman saya yang memiliki teman asal Lombok juga membuat saya makin membayangkan bagaimana keadaan disana adalah seperti dalam kalimat ini, when god pushes you to the edge of difficulty.
 

Menghadapi kesulitan atau apapun itu disebut dan apapun bentuknya selalu memerlukan kekuatan mental. Dengan yakin sepenuhnya kepada Allah bahwa Ia akan membantu kita adalah salah satu cara untuk menguatkan mental kita. Bagi orang yang tidak terbiasa memang sulit. Tapi ini layak dilakukan. Saya sedang mengingatkan diri saya lagi. 


“Terkadang,

Beberapa dari kita lebih mudah mengingat orang lain ada bersama kita daripada mengingat Tuhan bersama kita.



Juga terkadang,

Lebih menyakitkan mengetahui tak ada orang yang membantu kita daripada Tuhan meninggalkan kita.”

--Terkadang dalam buku berjudul pulang (segera terbit)